Apakah Semua Orang Islam Itu Pasti Masuk Surga?

Apakah Semua Orang Islam Itu Pasti Masuk Surga?

Apakah orang Islam pasti masuk Surga dan harus masuk Neraka terlebih dahulu? Berikut ini beberapa kaidah seputar masalah ini:

Pertama, setiap orang yang meninggal dunia dalam keadaan mukmin pasti akan masuk Surga, baik masuknya itu langsung ataupun setelah masuk Neraka terlebih dahulu. Rasulullah saw bersabda, “Barangsiapa mengucapkan ‘Tiada ilah selain Allah’ dan ia meyakininya (hingga ajalnya), maka ia pasti akan masuk Surga”.

Kedua, akan ada segolongan mukmin yang akan langsung masuk Surga tanpa hisab.

Ketiga, jika seseorang meninggal dunia dalam keadaan syirik maka dosa syirik tersebut tidak akan pernah diampuni oleh Allah (QS An-Nisa’ : 48, 116). Tetapi jika seseorang melakukan dosa syirik kemudian ia bertaubat di dunia ini maka Allah akan mengampuninya.

Keempat, jika seorang mukmin dihadapkan pada hisab sementara dia masih memiliki dosa selain dosa syirik maka ada dua kemungkinan : 1) Allah akan menghapus dosa tersebut karena rahmat-Nya, atau 2) Allah akan memasukkannya ke Neraka terlebih dahulu untuk membersihkan dosanya, setelah itu Allah akan memasukkannya ke dalam Sungai Kehidupan lalu selanjutnya ke dalam Surga.

Wallahu a’lam bish shawab.

(Menaraislam.com)

About these ads

Komentar ditutup.