Hukum Istri Keluar Tanpa Izin ???

Hukum Istri Keluar Tanpa Izin ???

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Bismillaahirrahmanirrahim..

Hukum Istri Keluar Tanpa Izin ???

Sahabat / Saudaraku Fillah Karena Allah Ta ‘ ala ..
Tidak sepantasnya bagi seorang istri untuk meninggalkan khidmatnya kepada suami, apa lagi meninggalkan ketaatan pada suami hanya demi kebutuhan pribadi. seorang istri dikatakan “nasyiz” (pembangkang) salah satunya adalah jika seorang istri pergi dari rumah suami tanpa izin dari suami atau dengan izin akan tetapi menyalahi izin tersebut. maka dalam keadaan demikian, tidak wajib bagi seorang suami untuk menafkahi istrinya yang “nasyiz” selama belum kembali.

Jika keadaan seperti yang anda katakan, maka tidak patut bagi istri untuk pergi dari rumah suami dengan alasan ingin menjaga orang tuanya juga, bahkan tidak halal kecuali dengan izin dan ridho dari suami. karena ketika seorang istri pergi dari rumah suami berarti dia tidak lagi mengerjakan kewajibannya sebagai seorang istri dan tidak menghormati hak-hak suami. salah satu hak suami adalah ketaatan istrinya kepadanya. ketika istri pergi tanpa ridho suami berarti telah meninggalkan ketaatannya kepada suaminya. sedangkan Rosulullah -sholallahu ‘alaihi wasallam bersabda :

Artinya : “jikalau aku berhak memerintah seseorang untuk sujud kepada orang lain maka sungguh aku akan memerintahkan kepada perempuan untuk sujud kepada suaminya.”

Hadist ini membuktikan betapa besarnya hak seorang suami dan wajibnya atas istri untuk taat kepada suami selama suami tidak memerintahkan kepada hal-hal yang dilarang oleh agama.

Rosulullah -sholallahu ‘alaihi wasallam- pernah ditanya oleh seorang perempuan tentang salah satu hak suami atas istri :

Artinya : “Wahai Rosulullah, apakah hak suami atas istrinya?” beliau menjawab : “Hak suami atas istri adalah tidaklah dia (istri) keluar rumah kecuali dengan izin dari suami, jika dia melakukannya (keluar tanpa izin) maka malaikat langit, malaikat rahmat dan malaikat adzab melaknatnya sampai dia pulang.”

Apa yang harus dilakukan oleh suami pada istri yang “nasyiz”?

Allah berfirman :

Artinya : “Wanita-wanita yang kamu khawatirkan nusyuznya, maka nasehatilah mereka dan pisahkanlah mereka di tempat tidur mereka, dan pukullah mereka” (QS An-Nisa : 34)

Mudah-mudahan memberikan manfaat, mohon maaf apabila ada kekurangan.

Wallahu ‘a’lam bishowaab

About these ads

Komentar ditutup.