MUTIARA KATA ISLAM .

Mutiara Kata Islam 1

Islam hadir dengan konsepsi yang bersahabat dengan penemuan-penemuan ilmiah di muka bumi, karena Islam memang memberikan ruang bagi kreativitas ilmiah.

Umat Islam adalah sekelompok manusia yang kehidupan, konsepsi, sikap, tatanan, nilai-nilai, dan pertimbangannya terpancar dari manhaj Islam.

Dengan tata aturan apapun selain aturan Islam, sebagian manusia memperbudak sebagian yang lain dalam bentuk perbudakan tertentu; sementara hanya dalam manhaj Islamlah, manusia terbebas dari segala bentuk perbudakan sesama manusia.

Hanya dalam manhaj islamlah, manusia terbebas dari segala bentuk perbudakan sesama manusia. Dalam manhaj ini, manusia hanya menghambakan diri kepada Allah, menerima sesuatu dari Allah semata, dan tunduk hanya kepadaNya.

Referensi utama yang diadopsi oleh generasi pelopor adalah Al Quran, hanya Al Quran semata. Adapun sabda-sabda dan petunjuk Rasulullah SAW hanyalah merupakan satu dari beberapa konsekuensi yang bersumber dari Al Quran.

Tak ada seorang pun sahabat meminta banyak-banyak penyampaian Al Quran pada satu majlis. Karena ia merasa yang demikian itu hanya akan memperbanyak kewajiban-kewajiban dan aturan-aturan agama yang membebani pundaknya.

Mutiara Kata Islam 2.

Seseorang tatkala masuk Islam, berarti harus menanggalkan kesesatannya, yakni semua yang dilakukannya semasa jahiliyah.

Kita sekarang berada dalam suatu kejahiliyahan sebagaimana jahiliyah yang serukun dengan Islam, atau malah lebih mengenaskan. Semua yang ada di sekeliling kita adalah jahiliyah.

Laa ilaaha illallaah adalah sebuah revolusi terhadap kekuasaan (makhluk) bumi yang telah merampas hak-hak ketuhanan yang paling utama.

Thaghut tetaplah thaghut! Bumi ini adalah milik Allah, dan wajib dibebaskan demi Allah. Dan bumi ini tidak akan bebas demi Allah, kecuali dikibarkan panji laa ilaaha illallaah.

Moralitas haruslah berlandaskan akidah. Akidahlah yang menyusun konsiderans dan menetapkan nilai-nilai moralitas.

Satu janji itu adalah surga. Inilah yang dijanjikan untuk mereka yang telah berjihad, yang didera duka dan kegetiran, yang berjuang mati-matian di jalan dakwah.

Mutiara Kata Islam 3

Ketika telah terpatri akidah laa ilaaha illallaah di relung hati yang paling dalam maka seketika itu pula menjadi mapanlah tatanan yang mencerminkan laa ilaaha illallaah.

Islam bukanlah teori belaka yang hanya bergumul dengan hipotesa. Islam adalah manhaj yang bersentuhan langsung dengan realitas.

Suatu akidah hendaklah memenuhi relung hati dan menguasai sanubari. Akidah menghendaki manusia tunduk sepenuhnya kepada Allah dan hanya mau menerima hukum-hukum Allah, tidak yang lain.

Landasan dakwah adalah menerima syariat Allah apapun adanya dan menolak syariat lain apapun wujudnya. Beginilah Islam, pada hakikatnya. Islam tidak memiliki makna lain di luar makna ini.

Konsepsi Islam bersifat teoritis sekaligus realistis. Konsepsi Islam bukanlah teori yang lepas dari realitas, akan tetapi mengejawantah dalam realitas yang dinamis.

Kita tidak akan mampu sampai pada konsepsi rabbani dan juga mencapai kehidupan rabbani, kecuali dengan menempuh manhaj pemikiran yang rabbani.

Mutiara Kata Islam 4.

Islam datang untuk mengembalikan manusia – juga alam semesta yang melingkupi manusia – kepada kedaulatan Allah.

Upaya untuk mengikis kejahiliyahan dan mengembalikan manusia kepada Allah semata tidaklah cukup – bahkan tidak berdaya guna bila – berupa teori semata.

Masyarakat Islam adalah masyarakat terbuka (open society) untuk semua suku, bangsa, dan warna kulit, tanpa terkendala oleh sekat-sekat fisik yang sempit.

Mereka yang tidak menerapkan manhaj Islam adalah mereka yang tidak ingin manusia mengembangkan diri dengan potensi khususnya yang luhur seperti yang difitrahkan oleh Allah di dunia ini.

Gerakan apapun sama saja di dalam manhaj Islam ini, asalkan proaktif berupaya melepaskan manusia dari pengabdian (‘ubudiyyah) kepada hamba menuju pengabbdian kepada Allah semata.

Sejatinya Islam merupakan proklamasi pembebasan manusia di bumi dari ketundukan kepada makhluk termasuk juga ketundukan kepada hawa nafsunya.

Mutiara Kata Islam 5.

Kerajaan Allah bisa tegak apabila syariat Allah menjadi pemerintahnya, dan sumber ketentuannya ada di tangan Allah sesuai dengan aturan yang jelas yang ditetapkanNya.

Sesungguhnya agama ini bukanlah proklamasi pembebasan manusia Bangsa Arab; bukan pula sebuah misi khusus untuk komunitas Arab. Sasaran proklamasi ini adalah manusia…ras manusia; dan medannya adalah bumi…seluruh penjuru bumi.

Termasuk keniscayaan sejarah, kebenaran dan kebathilan selamanya tidak bisa hidup berdampingan di bumi.

Bukankah manusia sejatinya menyembah kepada Allah semata? Mestinya tak ada seorang pun hamba yang boleh mengendalikan mereka dengan kekuasaan (power) yang dimilikinya dan dengan aturan hawa nafsu dan pikirannya.

Sebelum bertolak jihad ke medan perang, seorang muslim semestinya telah menceburkan diri dalam jihad akbar melawan setan di dalam dirinya sendiri, yakni menepis hawa nafsu dan syahwatnya.

Islam selalu bergerak maju untuk menyelamatkan insan di bumi dari ketundukan kepada selain Allah; ia tidak boleh berhenti pada batas-batas geografis; tidak pula mengisolasi diri dalam sekat-sekat etnis.

About these ads

Komentar ditutup.