hikmah shalat 5 waktu bag 1.

hikmah shalat 5 waktu bag 1.

Hikmah shalat 5 waktu di isyratakan dengan anggota tubuh kita yaitu: sesungguhnya shalat di wajibkan atas seseorang hamba sebagai tanda bukti syukur untuk nikmat badan.nikmat badan itu adalah adanya indra yang 5 yaitu perasaan, penciuman, pendengaran, penglihatan, dan perabaan. dari tiap-tiap indera,terdapat beberapa nikmat yang hanya dapat di ketahui oleh masing-masing indera tersebut.ada sebagian ulama mengisyaratkan shalat 5 waktu dengan anggota tubuh kita yaitu sebagai berikut :
indera perabaan

nikmat perabaan ada 2 yaitu apabila kita meletakan tangan di atas sesuatu dan merabanya (mengelusnya),kita akan mengetahui benda itu kasar atau lembut.nikmat tersebut di syukuri dengan melaksanakan salat 2 rakaat yaitu shalat subuh.

indera penciuman.

kita dapat mencium bau-bau yang datang dari 4 sudut.nikmat tersebut di syukuri dengan melaksanan shalat 4 rakaat yaitu shalat dzuhur (lohor)

indera pendengaran.

kita dapat mendengar suara yang datang dari 4 sudut. nikmat tersebut di syukuri dengan melaksanan shalat 4 rakaat yaitu shalat ashar.

indera penglihatan

jika diam di suatu tempat,kita dapat melihat apa-apa yang ada di sebelah kanan, kiri, dan sebelah muka (depan)namun kita tidak dapat melihat apa-apa yang ada di belakang kita.objek penglihatan hanya dapat di lihat dari 3 sudut. nikmat tersebut di syukuri dengan melaksanan shalat 3 rakaat yaitu shalat magrib.

indera perasaan.

kita dapat mengetahui adanya panas, dingin, manis, dan asam. nikmat tersebut di syukuri dengan melaksanan shalat 4 rakaat yaitu shalat isya.

hikmah shalat 5 waktu ada juga yang mengisyaratkan dengan jumlah kiblat.bahwa kiblat terdiri dari 5 arasy, kiblatnya para malaikat haaffin,di ciptakan alloh dari cahaya.
kursi, kiblatnya para malaikat karubiyin, diciptakan alloh dari mutiara
baitul ma’mur, kiblatnya para safarah,di ciptakan dari batu intan
kabah, kiblatnya orang-orang mukmin, di ciptakan dari 5 gunung.hikmah mengenai hal itu,sesungguhnya jika kamu mengerjakan salat 5 waktu dan dosa-dosamu seberat gunung-gunung ini,niscaya alloh mengampuni dan tidak peduli dengan dosa-dosamu fa ainaa tuwallu fa tsamma wajhullah. “maka kemana pun kamu menghadap,di situlah wajah alloh,” yaitu kiblatnya orang-orang yang bingung.

hikmah shalat 5 waktu ada juga yang mengisyaratkan dengan shalatnya para nabiyulloh dalam buku syarah al musnad karangan rafi,irahimahullah,disebutkan bahwa sesungguhnya salat subuh adalah shalatnya nabi adam a.s, salat lohor (dzuhur) adalah shalatnya nabi dawud a.s., salat ashar adalah shalatnya nabi sulaiman a.s., shalat magrib adalah shalatnya nabi yakub a.s

hikmah shalat 5 waktu menurut seorang ahli ma’ani telah mengatakan bahwa jenis-jenis shalat yang 5 terbagi dengan 2 rakaat, 3 rakaat, 4 rakaat. hikmah yang terkandung di dalamnya ialah sesunguhnya alloh swt.telah menciptakan semua malaikat atas 3 jenis,diantaranya yang memiliki 2 sayap, 3 sayap, dan 4 sayap,sebagaimana firman alloh swt,”yang menjadikan malaikat sebagai utusan-utusan-Nya.(untuk berbagai macam urusan) yang mempunyai sayap,masing-masing ada yang 2,3,dan 4.”(Q.S.al-Faathir: 1)

dengan demikian,alloh Subhanahu wa Ta’ala .memerintahkan shalat yang 5 agar alloh pun memberikan pahala tasbih semua malaikat dengan anugerah-Nya. kepada orang yang mengerjakan salat 5 waktu.

hikmah shalat 5 waktu menurut seorang ahli ma’ani mengatakan,bahwa hikmah yang terkandung dalam shalat 5 waktu adalah sesungguhnya alloh Subhanahu wa Ta’ala , telah melakukan (mengerjakan) beberapa pekerjaan yang tidak bisa di lakukan oleh makhluk ciptaanNya. pekerjaan itu maksudnya,makhluk tidak bisa menghilangkan gelap selain dari alloh sendiri dan alloh mendatangkan cahaya (sinar) ketika terbit fajar.oleh karena itu seorang hamba-Nya wajib melakukan shalat fajar (subuh).pada saat matahari berada di tengah (di atas),tidak ada yang kuasa atas hal itu selain Dia.oleh karena itu,wajib atas hamba-hamba-Nya melaksanakan shalat lohor (dzuhur).pada saat rendahnya matahari yaitu memasuki waktu asar.tidak ada yang kuasa akan hal itu selain alloh.maka wajiblah kita shalat asar.pada saat terbenam matahari,yaitu memasuki waktu magrib,tidak ada yang kuasa akan hal itu kecuali alloh.maka wajiblah kita mengerjakan shalat magrib.pada saat perginya siang dengan terangnya dan datangnya malam dengan gelapnya,tidak ada yang kuasa akan hal itu kecuali alloh,maka wajiblah kita shalat isya.

About these ads

Komentar ditutup.