Arab Saudi Sarankan Jamaah Tunda Rencana Haji Tahun Ini

Kabbah baru2

 

Arab Saudi Sarankan Jamaah Tunda Rencana Haji Tahun Ini

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH — Arab Saudi menyeru jamaah asing agar menunda rencana menunaikan Ibadah Haji tahun ini, karena kegiatan perluasan yang sedang dilakukan di Masjidil Haram di Makkah, demikian laporan Arab News, Ahad.

Melalui serangkaian pengumuman melalui saluran televisi Kitab Suci Al-Quran dari Makkah, pemerintah menyarankan jamaah yang berencana menunaikan Ibadah Haji dan Umrah tahun ini agar menunda rencana mereka karena kegiatan pembangunan di Masjidil Haram.

Menurut surat kabar tersebut, tindakan yang tak pernah terjadi sebelumnya itu bertujuan mencegah terjadinya antrian panjang dan desak-desakan serta menjamin keselamatan jamaah, demikian laporan Xinhua –yang dipantau Antara di Jakarta, Ahad malam.

Seruan tersebut dikeluarkan setelah keputusan pemerintah untuk mengurangi jumlah jamaah Haji asing sebanyak 20 persen dan jamaah dalam negeri sampai 50 persen tahun ini.

Imam Besar Masjidil Haram Sheikh Abdul Aziz Ash-Sheikh mendukung kebijakan tersebut. Ia menilai kebijakan itu dilakukan demi kepentingan umat.

Menurut jumlah resmi, 3,161 juta orang menunaikan Ibadah Haji tahun lalu. Namun jika jamaah Haji tidak resmi dihitung, jumlah tersebut dapat mencapai empat juta.

Komentar ditutup.