Masih tentang Nabi MUHAMMAD ShalALLAHu ‘Alaihi Wasallam

Tangan muhammad

 

~~ ASSALAMUALAIKUM WARAAHMATULLAAH WABARAAKAATUUH ~~

BISSMILLAAHIRRAAHMAANIRRAAHIIM

* Masih tentang Nabi MUHAMMAD ShalALLAHu ‘Alaihi Wasallam…..bagian 6 *

” Apabila peperanganmenjadi sangat dahsyatnya , dan biji mata manusia menjadi sangat merah , maka biasanya kami berlindung di belakang Rasulullah ShalALLAHu ‘Alaihi Wasallam , hingga tak ada yang berada di depan sekali menghadap musuh melainkan Dia “
( HR . An Nasa’i , Ahmad dan Ath Thabrani dari Ali )

Keberanian adalah :
Sumber dari pelbagai sifat keteguhan hati , kekuatan dalam menahan marah , kewibawaan , ketabahan dalam menghadapi kesulitan , kesigapan untuk menolong , pengendalian hawa nafsu , kemulia’an hati , dsb .

Kenekatan ialah :
Kegegabahan memasuki keada’an berbahaya , walaupun telah di peringatkan oleh akal maupun agama .
Dari kenekatan akan timbul sifat2 kesombongan , penonjolan diri dalam bergagah2 an , kebrutalan dan kecongkakan .

Dan keberanian bukanlah kenekatan ataupun keberingasan .
Shalawat dan Salam ALLAH terlimpah atas Nabi Muhammad ShalALLAHu ‘Alaihi Wasallam , orang yang begitu lemah lembut dan rendah hati ini , mempunyai keberanian yang luar biasadan jiwa ksatria yang luar biasa .

Di Mekah , ada seorang bernama rukanah , termasyhur sebagai jago gulat ulung yg jarang ada tandingannya . ia bangga bahkan berani mencari lawan , Nabi pun mengetahui kekuatan Ruhanah ini , Nabi menginginkankan agar ruhanah ini memeluk Islam .
Pada suatu ketika , Rasulullah mendatangi Rukanah dan mengajaknya masuk Islam , Rukanah menjawab ” apa tanda yang menjadi bukti kebenaran mu wahai Muhammad ? ” ,
menjawab Rasul ” Bagaimana jika aku dapat mengalahkan engkau ( bergulat ) , adakah engkau akan beriman kepada ALLAH dan RasulNYA ? ” , Rukanah setuju dan menjawab ” baiklah wahai Muhammad ‘ .
Rukanah yakin bisa mengalahkan Nabi dlm waktu singkat , apalagi diapun sdh mengetahui bahwa Muhammad ini adalah seorang da’i , pekerja’annya hanya berda’wah setiap hari dan tak pernah berlatih binaraga atau gulat . sebab itu , tantangan itu dianggapnya sebagai lelucon belaka . tetapi , apa yang terjadi ? dlm waktu singkat , ternyata Rukanah dapat di kalahkan meski di ulang sampai 3x , Nabi tetap dapat dgn mudah mengalahkannya .

Dalam setiap peperangan , selalu Ia memperlihatkan ketangkasan dan keberanian yang tak ada bandingannya . Jika di dalam waktu damai , Ia tak gentar menghadapi siapapun dgn perkata’annya yang benar , maka di dalam peperangan Ia tak merasa takut dan ngeri menghadapi musuh yang manapun .

Dengan keyakinannya pada ALLAH , Ia terus maju dengan ketangkasan dan keberaniannya , tidak pernah Ia berputus asa atau bingung , sampai kemenangan tercapai .
Sabdanya ” Demi ALLAH , yang jiwa Muhammad di tanganNYA , sungguh aku ingin berperang fi sabilillah hingga terbunuh kemudian hidup ( lagi ) , dan berperang lagi dan terbunuh ( lagi ) , kemudian hidup kembali , berperang dan terbunuh “
( HR . Imam Muslim)

Menurutnya , lari pada waktu perang fi sabilillah , di golongkannya sebagai salah satu dari tujuh dosa yang membinasakan .
Selama kl 23 th dari Zaman kerasulannya , kl 27 x peperangan besar telah terjadi . Ada yang di sebut peperangan Ghazwah ( peperangan yg disertai Nabi ) , dan peperangan Waq’ah atau Saniyyah ( peperangan yg direstui oleh Nabi tetapi , Ia sendiri tdk ikut berperang , pasukan yg akan berperang disusun oleh Nabi ) .

25 x Ia ikut peperangan Ghazwah , dapat di bayangkan , betapa maut mengancam jiwanya , tetapi , sedikitpun Ia tidak merasa gentar .
Ia adalah panglima yg maju ke front dengan baju besinya , dengan tombaknya dan keberaniannya . Pernah Ia luka2 dan patah giginya dalam perang uhud , tapi Ia tak pernah melarikan diridan melarikan hatiwalau menghadapi musuh yg lebih lengkap persenjataannya .

” Suatu malam , kami di kagetkan oleh suara ribut2 , di luar kota Madinah , kami kira , ada pasukan musuh hendak menyerang kota , kami bangkit dan Rasulullah tidak kami beritahu , dengan senjata terhunus , kami pergi ke luar kota , tetapi , alangkah terkejutnya kami , baru saja kami berangkat , kami lihat Rasulullah ShalALLAHu ‘alaihi Wasallam baru kembali dari arah suara ribut2 itu , sambil menunggang kuda kepunyaan Abu Thallahdengan pedang di kalungkan di lehernya, dan Ia menjelaskan bahwa tidak ada musuh menyerbu , yang ada cuma kuda meringkik saja ” kata Abu Khurairah .

” Di waktu terjadi pertempuran sengit , kami khawatir melihat Rasulullah , Ia sendiri paling dekat kepada musuh ” Kata Ali ra .

” Adalah Rasulullah itu seorang yang paling berani , paling baik dan paling pemurah ” Kata Anas ra .

Nabi adalah orang yang membalas kejahatan dengan kebaikan , orang yang mema’afkan orang lain yg menganiayanya , orang yg menghubungi orang yg memutuskan silaturrahmi dengannya , orang yg berkata ” Siapa yang tidak kasih kepada sesama manusia , tidak di kasihi ALLAH ” , orang yang hatinya penuh memancarkan kasih sayang dengan sempurna , bahkan pun kpd binatang .

Ia melarang memberi muatan yg berat2 kepada binatang pengangkut , Ia menyuruh segerakan penyembelihan , Ia melarang mengadu hewan , apapun jenisnya , dan Ia melarang menjadikan setiap yg bernyawa sbg bulan2an untuk di panah .
Ketika Ia melihat seekor unta yg begitu kurus , di tanyakannya siapa pemiliknya , lalu Ia berkata ” Takutlah kamu kepada ALLAH terhadap binatang2 yang tidak dapat bertutur kata ini , maka kendarailah ia dalam keadaan baik , dan beri makanlah ia dalam keadaan baik baik di waktu yang lain “

Di waktu yang lain , di lihatnya beberapa orang sedang duduk2 dan mengobrol di atas seekor unta , didekatinya mereka dan di peringatkannya ” Naikilah dia ( unta ini ) , dengan baik , biarkanlah dia beristirahatdengan baik pula , dan janganlah kalian jadikan punggungnya sebagai tempat duduk untuk bercakap cakap dan membual , mungkin yang di naiki lebih baikdan lebih ingat akan Tuhannya daripada yang naik di atasnya ” .

Umar ra menceritakan bahwa , Rasulullah ShalALLAHu ‘Alaihi Wasallam pernah memperingatkan bahwa seorang perempuan telah di siksa oleh ALLAH karena kucing yang telah di kurungnya , tidak di berinya makan dan tidak di lepaskannya untuk mencari makan sendiri .
Nabi mengelus elus kudanya dgn lengan bajunya sendiri , Ia mengobati sendiri seekor ayam jantan yang sakit , Ia tidak suka ketika melihat seekor himar yang di cap pada mukanya . Ia menyegerakan shalatnya untuk membukakan pintu buat seekor kucing yang akan masuk ke dalam rumahnya untuk menyusui anak2nya dan keluar rumah lagi setelahnya .

Tak mungkin orang yang pengasih kepada hewan dapat berlaku kejam pada manusia

bersambung….
semoga tulisan ini dapat mengingatkan kita kembali padanya dan menambah kecintaan kita pada insan yang mulia ini , RASULULLAH SHALLALLAHU ‘ALAIHI WASALLAM .

ALLAHUMMA SHALLI’ALLAA SAYYIDINA MUHAMMAD WA ‘ALAA ALI WASHAAHBIHI WASALLAM

semoga bermanfa’at…
salam uhibbukum fillah…..

Komentar ditutup.