Tenzing Hillary Nepal, Jadi Bandara Paling Bebahaya di Dunia

Tenzing Hillary Nepal, Jadi Bandara Paling Bebahaya di Dunia

Bandara bahaya

Tenzing Hillary Nepal, Jadi Bandara Paling Bebahaya di Dunia – Sebuah bandara yang terletak di Lukla, Nepal menjadi salah satu bandara yang paling berbahaya di dunia. Meski bandara Tenzing Hillary paling berbahaya, tapi bandara ini juga merupakan bandara tersibuk di Nepal.

Lukla adalah pintu gerbang ke Himalaya, sehingga meski bandara Tenzing Hillary sangat berbahaya tak menyulutkan niat para pendaki gunung mencoba menaklukan gunung tertinggi di dunia tersebut.

Bandara yang unik ini berada dekat sekali dengan pemukiman warga dan dibuat dari sisi gunung. Bandara Tenzing Hillary ini dibangun oleh Sir Edmund Hillary pada 1965 silam, setelah dia menjadi orang pertama yang menaklukkan Gunung Everest.

Seperti dilansir Oddity Central, Selasa (25/6/2013), salah satu bandara tersibuk di Nepal ini banyak memakan korban jiwa, seperti yang terjadi dengan pesawat Royal Nepal Airlines DHC-6 yang jatuh pada 1973 dan 1991 silam.

Kemudian pesawat Yeti Airlines Twin Otter jatuh dan menewaskan tiga awaknya pada 2004 silam. Namun, kecelakaan terburuk yang pernah terjadi pada Oktober 2008 ketika Yeti Maskapai Twin Otter mendarat dalam cuaca berkabut dan terbakar, sehingga menewaskan 18 penumpang.(*)/okezone

Iklan

Komentar ditutup.