RENUNGAN JELANG RAMADLAN by :Azhar Niam

Ramadhan 3

 

RENUNGAN JELANG RAMADLAN

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

Bismillahirrahmaanirrahiim.

Rasulullah SAW selalu memberikan beberapa nasehat dan pesan-pesan, ketika umat Islam sedang menyambut kedatangan bulan teragung ini. Imam Ibnu Huzaimah meriwayatkan hadits yang berisi pesan-pesan Rasulullah SAW.

“Wahai manusia ,, !! Sungguh telah datang pada kalian bulan Allah dengan membawa berkah rahmat dan maghfirah. Bulan yang paling mulia disisi Allah. Hari-harinya adalah hari-hari yang paling utama. Malam-malamnya adalah malam-malam yang paling utama. Jam demi jamnya adalah jam-jam yang paling utama.”

Maka celakalah mereka yang tidak mendapat ampunan Allah di bulan yang agung ini.
Di bulan Ramadhan ini, Rasulullah SAW juga berpesan kepada umatnya agar memuliakan orang tuanya, menyayangi mereka yang muda, menyambungkan tali persaudaraan (silaturrahim), menjaga lidah, menahan pandangan dan pendengaran dari yang tidak halal.

Masih dari hadits Imam Ibnu Huzaimah, Rasulullah SAW bersabda, ”Kasihilah anak-anak yatim, bertaubatlah kepada Allah dari dosa-dosamu dan angkatlah tanganmu untuk berdoa pada waktu shalatmu, maka Allah pasti menjawab dan mengabulkan doa-doamu serta menyambutmu ketika engkau memanggil-Nya.”

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Komentar ditutup.