Ustadz Felix Siauw

Ustad Felix siauw1

 

Ustadz Felix Siauw
01. first of all, sudah saya sampaikan pada sharing lalu | ulama fiqih punya 3 cara menentukan awal bulan dalam kalender qamariyah Islam

02. tiga cara yg paling umum itu; 1) hisab (menghitung) 2) rukyatul hilal lokal 3) rukyatul hilal global | rukyatul hilal = melihat hilal

03. diantara metode hisab dan rukyatul hilal | 4 ulama madzhab (Hanafi-Maliki-Syafi’i-Hanbali) sepakati cara rukyatul hilal

04. adapun hisab juga tetep ada dalilnya dan syar’i | berbeda selama berdalil itu boleh, maka kita pun harus legowo😀

05. adapun rukyatul hilal, maka ulama madzhab terbagi 2 pendapat | 1) rukyatul hilal global dan 2) rukyatul hilal lokal

06. madzhab Hanafi-Maliki-Hanbali anut bahwa hilal itu global | 1 orang melihat, asal Muslim dan mau disumpah, berlaku bagi seluruh dunia

07. sedang ulama madzhab Syafi’i anut rukyatul hilal lokal | setiap daerah yang terpisah 24 farsakh (120 km) boleh lihat hilal sendiri

08. keduanya benar | karena ijtihad ulama madzhab pasti berdalil | jika benar dapat 2 pahala, jika salah 1 pahala | begitu tegas Rasul

09. dalil-dalil hisab, rukyatul hilal lokal dan rukyatul hilal global tidak saya tuliskan disini (terlalu panjang) | saya lampirkan nanti

10. “lalu mana metode yang benar? hisab, rukyatul hilal lokal atau rukyatul hilal global?” | ya semua punya dalil itu benar😀

11. “yang mana yang lebih kuat dalilnya?” | bagi saya pribadi yang lebih kuat ialah rukyatul hilal global

12. dalam hadits | Rasul ucap penentuan 1 Ramadhan harus “melihat” dengan mata | juga menerima informasi dari penduduk jauh (global)

13. tapi sekali lagi kita tekankan, bahwa bukan berarti yang lain salah | rukyatul hilal lokal dan hisab tetep bener, tetep berdalil😀

14. nah, sekarang kita bahas lagi kapan kemungkinan 1 Ramadhan 1434 H ya🙂

15. tanggal 1 bulan Ramadhan ditandai dengan munculnya hilal (first visible crescent) | atau awal bulan baru yg terlihat mata

16. dalam astronomi disebut konjungsi (ijtima’) | yaitu ketika bumi-bulan-matahari berada dalam 1 garis lurus (bulan jadi item semua)

17. saat konjungsi (ijtima’) bulan warnahnya hitam total, dan sesaat setalah itu muncullah sabit hilal (lihat pic) pic.twitter.com/qyieuTkSia

18. nah, konjungsi itu sekarang (08/07/13) hampir terjadi🙂 | tepatnya terjadi pada 08/07/13-07:16 UTC (liat pic) pic.twitter.com/6rhcchAsGo

19. artinya kalau konjungsi terjadi tgl 08/07/13-07:16 UTC atau 14:16 WIB | maka secara hisab, tanggal 8 Juli lepas maghrib = 1 Ramadhan

20. karenanya Muhammadiyyah sudah menentukan 09/07/13 puasa pertama, dan tarwihnya tgl 08/07/12 | secara hisab sudah masuk

21. nah, bagi yang menggunakan metode rukyatul hilal | 09/07/13 maka belum tentu bagi mereka 1 Ramadhan | karena harus lihat hilal

22. pertanyaanya, kalo yang metode rukyatul hilal | bisakah mereka melihat hilal pada tanggal 08/07/12? simak gambar-gambar berikut

23. sumber crescentwatch.org | (peta dunia akan terlihatnya hilal pada maghrib 08/07/12) pic.twitter.com/q4OHYSvJjc

24. sumber crescentwatch.org | (peta dunia akan terlihatnya hilal pada maghrib 09/07/13) pic.twitter.com/aK4hIRqzmC

25. dari dua peta itu, maka dapat kita simpulkan pada 08/07/12 lepas maghrib | hilal secara astronomi mustahil terlihat dari Indonesia

26. artinya penganut rukyatul hilal lokal semisal NU di Indonesia | kemungkinan besar genapkan Sya’ban 30 hari dan baru puasa pada 10 Juli

27. hilal baru terlihat jelas di Indonesia pada maghrib 9 Juli (lihat pic diatas) | yah, ‘legowo’ deh, sepertinya tahun ini bakal beda lagi

28. bagaimana penganut rukyatul hilal global? | walau belum bisa lihat hilal di Indonesia di 08/07/13, tetep setia menunggu berita hilal

29. bila lihat peta tadi, hilal baru mungkin bisa dilihat di Amerika Selatan | itu berarti kira-kira bedanya 10-11 jam sama kita

30. di Amerika Selatan maghrib baru bisa lihat hilal | berarti beritanya bisa ke Indonesia jam 4 atau 5 subuh tanggal 09/07/13

31. jika hilal terlihat di Amerika Selatan 08/07/13 magrib waktu lokal | kita sudah tanggal 09/07/13 subuh waktu lokal, ya langsung puasa

32. jadi bagi penganut rukyatul hilal global nih | 09/07/13 besok sahur aja dulu | siapa tau hilal bisa terlihat di Amerika Selatan

33. bilapun sampai tanggal 08/07/13 habis diseluruh dunia | dan belum terlihat hilal, tinggal batalin niat puasa, 10/07/13 pasti mulainya

34. lho kok dadak-dadakan begitu sih? | ya memang begitu dari zaman Rasulullah, penentuan 1 Ramadhan selalu dadakan, kan lihat hilal🙂

35. nah, berita hilal sudah terlihat atau belum | bisa dipantau di crescentwatch.org moonsighting.com atau yag lain

36. di TV semisal Al-Jazeera juga ada | atau dimanapun situs berita Islam

37. jadi kesimpulannya, mau ikut metode manapun disila | asal paham dalilnya, dan nggak hanya ikut-ikutan🙂

38. mau hisab, rukyatul hilal global, rukyatul hilal lokal | semua ada dalilnya, dan bila berbeda itu bukan berarti salah

39. beda penentuan Ramadhan insyaAllah tiada, apabila ada 1 kepemimpinan sebagaimana zaman Rasul dan Khulafaurrasyidin | Khilafah Islam😀

40. mudah-mudahan kedepan Allah jadikan kembalinya Islam dalam bentuk bangkitnya Khilafah sebagai sarana penentuan awal Ramadhan🙂

41. selamat puasa tweeps, Ramadhan Mubarakah | semoga amal kita diterima Allah, dijadikan penyejuk mata di kubur serta tiket ke surga🙂

42. sekali lagi, beda fiqih memang ada, penyatuan Islam mari kita segerakan | mari hormati perbedaan, sekarang mari sambut Ramadhan!

43. nah, yang mau materi “Penentuan Awal Ramadhan 1433 H” (tahun lalu) | berikut dalilnya, sila download di >> mediafire(dot)com/view/?wre1obo2…

44. atau tulisannya bisa dibaca di sini🙂 | 1) chirpstory.com/li/94539 2) mediafire(dot)com/view/?4e5qcr55…

45. bukan kapan puasanya, memahami illmuya yang utama | sehingga kita bisa menghormati dalam beda, bahagia dalam sama

Komentar ditutup.