Harga Pendidikan Karakter

000I054SeHX

 

Pendidikan Karakter
Harga Pendidikan Karakter
(Harga Pil Sakti ???)

Jika ada supermarket yang menjual “pil karakter kejujuran, pil karakter disiplin, pil karakter rendah hati” dan pil sejenis lainnya, yang begitu pil itu kita minum maka secara ajaib terjadi perubahan didalam diri kita. Terjadi perubahan sesaat kita memiliki karakter seperti pil yang kita minum, pertanyaannya adalah berapa harga yang pantas untuk pil tersebut?

Tidak ternilai adalah harga dari sebuah pendidikan karakter, beberapa orang mengatakan Pendidikan Karakter bagaikan warisan, harta karun, atau hal-hal yang lebih mahal dan mulia sekali. Karakter adalah bagian dari diri kita, dan itu tidak ternilai. Anda adalah Karakter anda.

Karakter akan terbentuk seperti tubuh anda, anda ingin otot tangan yang besar dan kekar? Latihlah. Sama halnya jika anda ingin karakter anda bertumbuh dan kuat latihlah, ingin disiplin maka lawanlah kemalasan, ingin rendah hati maka tekanlah keangkuhan didalam diri anda. Semua perlu proses dan ada masa tunggu untuk membentuk itu semua. Kita sering terobsesi dengan hal-hal yang berbau instant. Karakter membutuhkan waktu untuk terbentuk. Dan dibalik waktu pembentukan karakter diperlukan satu hal penting yaitu disiplin.

Banyak yang skeptis dan bertanya tentang e book yang kita terbitkan, “7 hari Mendidik Karakter Anak”. Apa bisa mendidik karakter anak dalam 7 hari dan berubah? Bisa. Didalam buku itu bukan hanya teori semata tetapi telah diujicobakan terlebih dahulu, anda perlu melakukannya serta disiplin dan konsisten. Melakukan penguatan dalam karakter memang tidak 7 hari, tetapi proses seumur hidup.

Sama halnya saat anda berlatih fitnes, anda akan di beritahu bagai mana tehniknya membesarkan otot anda hingga maksimal, setelah tahu apa tindakan anda? Akan anda lakukan jika anda mau membentuknya bukan? Lalu berikutnya, apakah prosesnya hanya 2 minggu saja? Tidak, semua perlu dijaga, jika tidak dilatih maka akan kendor lagi. Inilah analogi tentang karakter, yang sama melekatnya dengan tubuh anda.

Pahami pola yang ingin anda bentuk, atau mendidik anak anda. Ciptakan lingkungan yang tepat sehingga anak anda akan terbentuk dengan maksimal. Jika ingin anak jujur, hancurkan lingkungan yang penuh kebohongan. Lingkungan adalah fasilitas penting dalam mendidik karakter, disamping contoh perilaku dari orangtua dan guru, lingkungan sekitar.
Seperti orang yang ingin memiliki tubuh kekar dan terbentuk dengan proposional maka jika di beri fasilitas yang tepat (alat berat dan alat berlatih otot) maka akan maksimal hasilnya. Mudah bukan pemahaman ini? Sederhana sekali .

Semoga bermanfaat

Komentar ditutup.