Pintu Rayyan Khusus Untuk Orang yang Berpuasa

Surga Ar-Rian

 

Pintu Rayyan Khusus Utk Orang yg Berpuasa

Bismillahir-rahmanir-rahim
Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh

Asy-Syaikh Abdullah bin Abdurrahman Alu Bassam r.a berkata :
“Puasa adalah termasuk ibadah yang utama, karena pada amalan puasa itu terkumpul 3 jenis kesabaran yaitu:

1. Kesabaran di atas ketaatan kepada Allah Ta’aala.
2. Kesabaran (menahan diri) dari berbuat kemaksiatan.
3. Kesabaran terhadap ketentuan taqdir Allah Ta’aala.

Puasa adalah perisai dari panasya api neraka, puasa ramadhan sebagai kafarah (penghapus) atas dosa-dosnya bagi yg menunaikannya dan dg berpuasa akan dilipatgandakan pahalanya serta akan masuk surga dari pintu khusus yang dinamakan oleh Allah yaitu Ar-Rayyan .

Dari Sahl r.a. mengatakan bahwa Nabi saw. bersabda, “Sesungguhnya di dalam surga terdapat (delapan pintu. Di sana 4/88) ada pintu yang disebut Rayyan, yang besok pada hari kiamat akan dimasuki oleh orang-orang yang berpuasa. Tidak seorang selain mereka yang masuk lewat pintu itu. Dikatakan, ‘Dimanakah orang-orang yang berpuasa?’ Lalu mereka berdiri, tidak ada seorang pun selain mereka yang masuk darinya. Apabila mereka telah masuk, maka pintu itu ditutup. Sehingga, tidak ada seorang pun yang masuk darinya.” (Sahih Bukhari No. 918) ?

Dari Abu Hurairah r.a. mengatakan bahwa Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang memberi nafkah dua istri (dengan apa pun 4/193) di jalan Allah, maka ia akan dipanggil dari pintu-pintu surga, ‘Wahai hamba Allah, ini lebih baik.’ (Dan dalam satu riwayat: Ia akan dipanggil oleh para penjaga surga, yakni oleh tiap-tiap penjaga pintu surga, ‘Hai kemarilah.’ 2/213). Barangsiapa yang ahli shalat, maka ia dipanggil dari pintu shalat.

Barangsiapa yang ahli jihad, maka ia dipanggil dari pintu jihad.
Barangsiapa yang ahli puasa, maka ia dipanggil dari (pintu puasa dan) pintu Rayyan. Dan, barangsiapa yang ahli sedekah, maka ia dipanggil dari pintu sedekah.” Abu Bakar berkata, “(Tebusan) engkau adalah dengan ayah dan ibuku, wahai Rasulullah. Apakah ada keperluan bagi yang dipanggil dari seluruh pintu itu? Apakah ada orang yang dipanggil dari seluruh pintu itu?” (Dalam satu riwayat: “Wahai Rasulullah, itu yang tidak binasa?”) Beliau bersabda, “Ya, dan aku berharap engkau termasuk golongan mereka.”(Sahih Bukhari No. 918) ?

Subhanallah..!
Sahabat2qu yg dimuliakan Allah Ta’ala. Semoga dengan menyimak hadits diatas dapat memotivasi kita untuk lebih semangat lagi mengamalkan puasa terutama dibulan Ramadhan yg penuh berkah dan maghfirahNya. Aamiin ya Rabbala’alamiin.

Komentar ditutup.