“Jangan pernah lewatkan Malam Nuzulul Qur’an”

nuzul quran 1

 

“Jangan pernah lewatkan Malam Nuzulul Qur’an”

Yuk Sahabat Fillahku,Nanti malam adalah malam ke 17 Ramadhan,
Perbanyak Tadarus Al-Qur’an.

Marilah Saling mengingatkan antar sesama,

Salah satu pilar yang utama terkait dengan hubungan antarmanusia, yang memiliki dimensi akhlak mulia ini adalah kemampuan berbagi dengan orang lain, baik dalam bentuk nasihat, tegur sapa, atau berbagi dalam bentuk materi.

Oleh karena itu, momentum bulan suci Ramadhan dapat kita jadikan sebagai salah satu sarana mempedomani Alquran guna dijadikan panduan dalam kerangka melakukan hubungan antarmanusia.

Dengan cara ini semoga dapat juga membangkitkan semangat ukhuwah islamiah dan ukhuwah wathoniah sebagaimana yang diserukan al-Qur’anul karim.
Aamiin.

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Sahabat Fillah.

Malam Nuzulul Qur’an

BismillaahiRRohmaaniRRohiim…

Nuzulul Quran secara singkat diartikan sebagai malam turunnya Al Qur’an, yaitu sesuai dengan makna dari kata Nuzul dan Quran. Nuzulul Qur’an adalah istilah yang merujuk kepada peristiwa penting penurunan wahyu Allah pertama kepada nabi dan rasul terakhir agama Islam yakni Nabi Muhammad SAW.

Al-Qur’an diturunkan dalam dua tahap, yaitu:

Tahap I, Al-Qur’an diturunkan dari Lauhil Mahfudz ke Langit Dunia secara utuh.

Tahap II, Al-Qur’an diturunkan dari Langit Dunia ke Rosulullah secara berangsur-angsur melalui Malaikat Jibril sesuai perintah Allah. Pertama kali diturunkan adalah ketika Rosulullah berada di gua Hiro pada tanggal 17 ramadhan (Al-Bara’ bin Azib), Jibril menyampaikan QS. Al-Alaq 1-5, atau yang lebih kita kenal dengan sebutan Iqro.

Kaum Muslim dianjurkan untuk membaca Alquran di setiap waktu dan kesempatan. Terlebih saat bulan suci Ramadan. Membaca Alquran akan mendatangkan syafaat kelak di hari kiamat. Sebagaimana sabda Rasulullah,yang artinya “Bacalah Alquran, sesungguhnya ia datang pada hari kiamat sebagai pemberi syafaat bagi ahlinya (yaitu, orang yang membaca, mempelajari, dan mengamalkannya).”(HR. Muslim)

Allah menurunkan Al-Quran sebagai pedoman manusia dalam mengarungi kehidupan yang penuh aneka problema ini supaya meraih kebahagian di dunia dan akherat.sebagaimana firman Allah yang artinya, “Sesungguhnya Alquran ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih Lurus dan memberi khabar gembira kepada orang- orang Mukmin yang mengerjakan amal saleh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar.” (QS 17: 9).

Saudaraku,mari jangan pernah lewatkan momentum ini,
Semoga kita semua diberi kemampuan untuk senantiasa berpegang teguh pada nilai-nilai Alquran.Aamiin.

Salam Ramadhan

Komentar ditutup.