IktikafRamadhan

261939 183923111666474 100001463580600 506773 6231273 n

 

1. Assalamualaikum sahabatku , tak terasa Ramadhan pun akan segera berakhir. Terfikir bagaimana kalau ini adalah Ramadhan kita yang terakhir.

2. Sebagai hamba yang mengharap ridho Allah Ta’ala, kita harus jeli merajut ibadah agar makin penuh dengan rahmah. simak yuk #IktikafRamadhan

3. Ramadhan tak lama lagi segera berpamit. Untuk lebih khusyuk beribadah & lebih banyak berdoa, kita harus mendekat lebih dekat kepada Allah. #IktikafRamadhan

4. Rasulullah saw mengajari kita bagaimana mengakhiri Ramadhan dan mendekatkan diri kepada Allah. #IktikafRamadhan

5. Di antara sunnah Rasulullah saw yang selalu dilakukan pada paruh terakhir bulan Ramadhan adalah i’tikaf. #IktikafRamadhan

6. Secara bahasa i’tikaf berarti menetapi s’suatu & menahan diri agar senantiasa tetap berada padanya, baik berupa kebaikan maupun keburukan.

7. Sedangkan secara syar’i, i’tikaf berarti menetapnya seorang Muslim dalam masjid untuk melaksanakan ketaatan dan ibadah kepada Allah.

8. Para ulama sepakat, hukum i’tikaf sunnah.

9. Hukumnya menjadi wajib jika seseorang bernadzar untuk melakukannya. Hal ini dijelaskan dalam hadits yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim.

10. I’tikaf disunnahkan kapan saja. Namun, yang paling utama adalah i’tikaf di bulan suci Ramadhan, khususnya sepuluh hari terakhir.

11. Disyaratkan orang yang i’tikaf itu Muslim, mumayyiz (bisa membedakan benar dan salah), suci tidak sedang junub haidh atau nifas.

12. Tempat i’tikaf seharusnya masjid yang di dalamnya dilaksanakan shalat berjama’ah

13. Yang dilakukan ketika iktikaf: berdzikir, membaca al-Qur’an, mengerjakan shalat sunnah, serta memperbanyak tafakur

14. Yang dihindari ketika iktikaf: banyak bercanda, mengobrol yang tidak berguna sehingga mengganggu konsentrasi i’tikafnya.

15. Sebagai mana laki-laki, wanita pun boleh i’tikaf.

16. “Nabi saw melakukan i’tikaf pd 10 hari terakhir Ramadhan hingga beliau wafat. Selanjutnya diteruskan o/ istri2 beliau sepeninggalnya,”

17. Perempuan Muslimah mempunyai syarat tambahan untuk beri’tikaf yaitu ia tidak boleh beri’tikaf kecuali stlh mendapatkan izin suami atau walinya.

18. Syarat lainnya, wanita yang ingin i’tikaf harus dipastikan tidak akan mengundang fitnah.

19. Ia juga harus mempertimbangkan keamanan. Misal, jika di masjid tak ada wanita lain maka sebaiknya ia tidak melakukan i’tikaf di tempat itu.

20. I’tikaf wanita tak boleh menerbengkalaikan hal yang lebih penting. Jangan sampai keluarga dan urusan rumah tangga terbengkalai.

21. Wanita yang ingin i’tikaf juga harus dalam keadaan suci, tidak sedang haidh atau nifas

22. ’tikaf memiliki hikmah yang sangat besar yakni menghidupkan sunnah Rasul saw & menghidupkan hati dengan selalu melaksanakan ketaatan & ibadah kepada Allah.

23. Oleh karenanya, sama-sama yuk kita manfaatkan nikmat yang ada ini untuk pacu kualitas ibadah kita di Ramadhan ini. #IktikafRamadhan

Komentar ditutup.