Malam Lailatul Qadar …

 

Lailatul Qodar 1

 

Malam Lailatul Qadar …

Malam Lailatul Qadar adalah malam yang paling dinanti oleh umat Islam, Pada malam Lailatul Qadar semua do`a dikabulkan serta dosa-dosa diampunkan.

Allah Ta`ala berfirman : “Sesungguhnya kami telah menurunkan ( Al-Qur`an ) saat lailatul Qadar ( Malam Kemuliaan ). Dan tahukah kamu apa malam lailatus Qadar itu? Lailatul qadar itu lebih baik dari seribu bulan.

Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan perintah tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu ( penuh ) kesejahteraan sampai terbit fajar.” ( QS. Al-Qadr : 1-5 ), Allah memberitahukan bahwa Dia menurunkan Al-qur`an pada malam lailatul Qadar, Yaitu malam yang penuh keberkahan. Allah Ta`ala berfirman : “Sesungguhanya kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi.” (Ad Dukhan : 3 ) Dan malam itu berada do bulan Ramadhan, Sebagaiman firman Allah Ta`ala : “Bulan Ramadhan, Bulan yang didalamnya diturunkan Al-Qur`an.” ( Al-Baqarah: 185 ).

Ibunu Abbas Radiallahu `anhu berkata : “Allah menurunkan Al-Quranul Karim keseluruhannya secara sekaligus dari lauh mahfudh ke baitul `Izzah ( langit pertama ) pada maalam lailatul Qadar. Kemudian diturunkan secara berangsur-angsur kepada Rasulullah salallahu `alaihi wasallam sesuai dengan konteks berbagai peristiwa selama 23 tahun.”

Allah Subhanahu Wata`ala berfirman :”Lailatul Qadar itu lebih baik dari pada seribu bulan.” Maksudnya, Beribadah dimalam itu dengan ketaatan, shalat, membaca, Dzikir dan do`a sama dengan beribadah selama seribu tahun.

Keutamaan yang lain juga berkahnya yang melimpah dengan banyaknya malaikat yang turun dimalam itu, Termauk Jibril `Alaihi wasallam. Mereka turun dengan membawa berbagai perkara, kebaikan maupun keburukan yang merupakan ketentuan dan takdir Allah. Mereka turun dengan perintah dari Allah. Tentang waktunya Rasulullah Salallahu `Alaihi wasallam bersabda : “Carilah Lailatul Qadar pada ( bilangan ) ganjil dari sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.” ( HR. Bukhari, Muslim dan Lainnya ). Yang dimaksud dengan malam malam ganjil yaitu malam duapuluh satu, Duapuluh tiga, Duapuluh Lima, Duapuluh Tujuh, Dan Malam Duapuluh sembilan.

Aisyah radallahu `anha berkata, Aku bertanya : ” Wahai Rasulullah, Apa pendapatmu jika aku mengetahui Lailatul Qadar, Apa yang harus aku ucapkan di dalamnya?” Beliau menjawab, Katakanlah : “Ya Allah sesungguhnya engkau maha pengampun, engkau mencintai pengampunan maka ampunilah aku.” ( HR. At-Tirmidzi, Hasan Shahih )

Iklan

Komentar ditutup.