……TANDA-TANDA KHUSNUL KHOTIMAH…….”

Lailahaileloh akhir kata

 

……TANDA-TANDA KHUSNUL KHOTIMAH…….”

Tanda-tanda khusnul khotimah cukup banyak. Di sini kami
menyebutkan sebagian di antaranya saja :

# Mengucapkan kalimat tauhid laa ilaaha illallaah saat meninggal. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang akhir ucapan dari hidupnya adalah laa ilaaha illallaah, pasti masuk surga” (HR. Abu Dawud dll, dihasankan Al Albani dalam Irwa’ul Ghalil)

# Meninggal pada malam Jum’at atau pada hari Jum’at.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Setiap muslim yang meninggal pada hari atau malam Jum’at pasti akan Allah lindungi dari siksa kubur” (HR.Ahmad)

# Meninggal dengan dahi berkeringat.
Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Orang mukmin itu meninggal dengan berkeringat di dahinya” (HR. Ahmad, Tirmidzi dll. dishahihkan Al Albani)

# Meninggal karena wabah penyakit menular dengan penuh kesabaran dan mengharapkan pahala dari Allah, seperti penyakit kolera, TBC dan lain sebagainya

# Wanita yang meninggal saat nifas karena melahirkan anak.
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Seorang wanita yang meninggal karena melahirkan anaknya berarti mati syahid.
Sang anak akan menarik-narikny­a dengan riang gembira menuju surga” (HR. Ahmad)

# Munculnya bau harum semerbak, yakni yang keluar dari tubuh jenazah setelah meninggal dan dapat tercium oleh orang-orang di sekitarnya.Seringkali itu didapatkan pada jasad orang-orang yang mati syahid, terutama syahid fi sabilillah.

# Mendapatkan pujian yang baik dari masyarakat sekitar setelah meninggalnya.
Nabi shallallahu‘alaihi wa sallam pernah melewati jenazah. Beliau
mendengar orang-orang memujinya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pun bersabda, “Pasti(masuk) surga” Beliau kemudian bersabda, “kalian-para sahabat- adalah para saksi Allah di muka
bumi ini” (HR. At Tirmidzi)

# Melihat sesuatu yang menggembirakan saat ruh diangkat. Misalnya, melihat burung-burung putih yang indah atau taman-taman indah dan pemandangan yang menakjubkan, namun tidak
seorangpun di sekitarnya yang melihatnya.Kejadian itu dialami sebagian orang-orang shalih.Mereka menggambarkan sendiri apa yang mereka lihat pada saat sakaratul maut tersebut dalam
keadaan sangat berbahagia, sedangkan orang-orang di sekitar mereka tampak terkejut dan tercengang saja.

Dari Abu Darda ra, Rasulullah SAW bersabda:
“Tidak akan keluar ruhnya seorang mukmin sampai dia melihat tempatnya di surga, dan tidak akan keluar ruhnya seorang kafir sampai dia melihat tempatnya di neraka” (HR Al-Baihaqi)

Komentar ditutup.