Ramadhan Bulan Sabar …….

 

Sabar cosmos 1

 

K. H. Muhammad Arifin Ilham
Assalaamu alaikum wa rahmatullaahi wa barkaatuhu.

“Sahabatku, “Antum kaifa musykilatukum” nilaimu berdasarkan tantanganmu”, semakin hebat godaan, semakin kuat gelora nafsu dan semakin banyak kesempatan untuk maksiat. Namun tidak tergoda karena kekuatan taqwa kita kepada Allah, sungguh semakin besar dan mulia kedudukan kita dimata Allah, “Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan saja mengatakan,”Kami telah beriman”, padahal mereka belum diuji” (QS Al Ankabut 2). Ada kesempatan berzina, korupsi, menipu dsb tetapi kesempatan tidak dilakukan karena TAKUT kepada ALLAH & TAKUT pada HARI PEMBALASAN maka ALLAH berikan hadiah Syurga untuknya (QS An Naziat 41). Rasulullah sudah menyampaikan peringatan bahwa, “Jalan ke Surga banyak hal yang nafsumu tidak menyukainya, sementara jalan ke neraka sangat disukai nafsumu” (HR. Muslim).

Sabar ya sahabatku, bulan Ramadhon mendidik kita untuk menjadi hambaNya yang sabar, sabar ada saat berbuka, sabar ada saat Idul Fitri, sabar ada saat kita wafat, sabar ada saatnya kita mengetam hasil tanaman amal ibadah dan akhlak kita, sabar kan ngga lama hidup ini, dan sungguh itulah kemenangan bagi hamba yang serius TAAT..insya Allah…aamiin”.

Salman al-Farisiy ra meriwayatkan bahwa pada akhir bulan Sya’ban Rasulullah saw berkhutbah di hadapan kami, beliau bersabda,

“Wahai manusia, sesungguhnya kalian akan dinaungi oleh suatu bulan yang agung lagi penuh berkah; bulan yang di dalamnya ada suatu malam yang lebih baik daripada seribu bulan. Pada bulan tersebut Allah SWT menjadikan puasa sebagai kewajiban dan shalat malamnya sebagai tahawwu’ (ibadah sunnah yang sangat dianjurkan). Siapa saja yang mendekatkan diri kepada Allah dengan mengerjakan amalan sunnah, ia diberi pahala sama seperti menunaikan kewajiban (fardhu) di bulan yang lain. Siapa yang menunaikan kewajiban di bulan Ramadhan, ia diberi pahala sama dengan orang yang mengerjakan 70 kali kewajiban di bulan yang lain.

Ramadhan adalah bulan sabar, sedang sabar itu tiada lain balasannya selain surga (al-jannah )

Komentar ditutup.