BERCERMINLAH By :Fathir Putra

Cermin hidup

 

Assalamu’alaikum Wr Wb

*~”,*,”~* BERCERMINLAH *~”,*,”~*

Sahabatku Fillah. Cobalah sejenak luangkan waktu di keheningan, kesunyian malam. Cobalah bercermin, tatap dirimu dan ajukan pertanyaan hati tentang kegunaan organ-organ kita;

1~> Lihatlah Kepala!
Sudahkah kita gunakan Ia untuk tunduk, rukuk dan sujudkan Ia dengan kepasrahan seorang hamba yang tiada daya dihadapan Allah yang Maha perkasa. Atau Ia tetap tengadah dengan keangkuhan, kecongkakan dan kesombongan seorang insan di dalam pikirannya?

2~> Lihatlah Mata!
Sudahkah kita gunakan Ia untuk melihat keindahan dan keagungan ciptaan-ciptaan Allah yang Maha Kuasa. Atau kita gunakan Ia untuk melihat segala pemandangan dan kemaksiatan yang dilarang?

3~> Lihatlah Telinga!
Sudahkah kita gunakan Ia untuk mendengarkan Suara Adzan, bacaan Al-Qur’an, seruan kebaikan. Atau kita gunakan Ia untuk mendengarkan suara-suara yang sia-sia tiada berguna?

4~> Lihatlah Hidung!
Sudahkah kita gunakan Ia untuk mencium hamparan sajadah, mencium Suami atau Istri, Anak-anak tercinta dan mencium Anak-anak Yatim Piatu yang kehilamgan cinta kasih sayang Ibu dan Bapaknya?

5~> Lihatlah Mulut!
Sudahkah kita gunakan Ia untuk ucapkan kebenaran dan kebaikan, Nasihat-nasihat yang bermanfaat serta kata-kata bermakna. Atau kita gunakan Ia untuk ucapkan kata-kata yang tidak ada gunanya dan mengeluarkan Tahafaul Lisan seperti;
Berghibah
Memfitnah
Mengadu domba
Berdusta bahkan
Menyakiti sesama?

6~> Lihatlah Tangan!
Sudahkah kita gunakan Ia berbuat sedekah, membantu saudara yang tidak mampu ataubsaudara yang tertimpa musibah, menciptakan karya ataubtulisan yang indah dan berguna. Atau kita gunakan Ia untuk mencuri, korupsi, merampas hak-hakborang lain dan menzalimi oran lain?

7~> Lihatlah Kaki!
Sudahkah kita gunakan Ia untuk melangkah ketempat Ibadah, tempat menuntut Ilmu, tempat pengajian. Atau kita gunakan Ia untuk melangkah ketempat maksiat dan kejahatan?

Jawabnya;
“HANYA ENGKAU dan TUHAN-Mu yang TAU”

Marilah kita selalu Berintrofeksi diri, agar kita sadar bahwa kita penuh kesalahan-kesalahan yang kita perbuat dan agar kita tak saling menyalahkan satu sama lain serta agarvkita selalu berbaik sangka terhadap sesama dan Tuhan (Allah Subhanahuwata’ala).

“JIKA INGIN HIDUP BAHAGIA, JANGANLAH MEMBUDAYAKAN BURUK SANGKA”
Wallahu A’lam..

Wassalamu’alaikum Wr Wb.

Komentar ditutup.