PUASA SYAWAL …….K. H. Muhammad Arifin Ilham

puasa syawal

 

K. H. Muhammad Arifin Ilham
Assalaamu alaikum wa rahmatullaahi wa barkaatuhu.

Sahabatku yang merindukan ridho Allah & SyurgaNya, kembali kusampaikan pada kalian hikmah shoum enam hari di bulan Syawal. Simaklah sabda Rasulullah, “Barangsiapa yang telah berpuasa Ramadhan & kemudian dia mengikutkannya dengan puasa enam hari dari bulan Syawal, maka dia seperti orang yang berpuasa selama satu tahun.” [HR Muslim)

. Diantara keutamaannya,

1. Maka nilai puasanya setahun penuh,

2. Dicintai Allah & meraih ampunan dosa, “Katakanlah! Jika memang kalian benar benar mencintai Allah, maka ikutilah aku, niscaya Allah mencintai kalian dan mengampuni dosa-dosa kalian. Dan Al­lah adalah Maha pengampun lagi Penyayang” (QS Ali Imron 31),

3. Meraih syafaat Rasulullah & bersama beliau karena menghidupkan sunnah beliau, “Siapa yg menghidupkan sunnahku maka sungguh ia mencintaiku & siapa yg mencintaiku bersamaku di Syurga”,

4. Tanda meningkat iman & taqwanya karena itulah disebut “Syawal” bulan peningkatan,

5. Menutupi kekurangan selama shoum Romadhon,

6. Diantara tanda ikhlas, gemar dengan amal sunnah, kalau wajib ya kewajiban tetapi kalau sunnah adalah kerelaan seorang hamba mengabdi kepada Allah.

7. Cara terbaik memupuk keimanan kepada Allah & kecintaan kepada NabiNya,

8. Hamba Allah yang beriman cerdas adalah semua sunnah dihidupkan sebagai bekal di akhirat kelak.

Puasanya dengan dua cara, langsung berturut2 enam hari setelah Idul Fitri atau boleh puasa 6 hari selama di bulan Syawal. Bagi muslimat yang berhutang lebih utama bayar puasa dulu.

Kutulis ini dlm perjalanan pulang da’wah dari Padang dan langsung shilaturrahm ke pesantren KH Ali Nurdin, Semoga Allah segera menyembuhkan penyakit beliau…aamiin. “Semoga Allah selalu hiasi hidup kita dengan kesenangan ibadah & kemuliaan akhlak…aamiin”. Sebarkan ini sahabatku agar semakin banyak sahabat kita yang menghidupkan sunnah Nabi Muhammad.

Komentar ditutup.