Kajian Puasa 6 Hari di bulan Syawal

Syawalan

 

Menata Hati
Kajian Puasa 6 Hari di bulan Syawal

Bismillahirrahmanirrahim…
Rasullallah SAW bersabda : “Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan, kemudian diikuti dengan (berpuasa) enam hari di bulan Syawal, maka dengan (berpuasa enam hari) itu, ia telah berpuasa setahun penuh.” (HR. Muslim)

Mengapa dikatakan telah berpuasa setahun penuh?
Ini penjelasannya : Seorang Muslim setelah selesai berpuasa di bulan Ramadhan dan berbuka (tidak berpuasa) sehari pada hari raya ‘Idul Fitri, ia disunnahkan untuk kembali berpuasa di bulan Syawal. Lalu, di bulan Syawal itu ia berpuasa sebanyak enam hari. Siapa saja yang melakukan itu maka ia seperti berpuasa setahun penuh, Sebab, satu kebaikan dibalas dengan sepuluh kebaikan yang serupa. Dalam hal ini, puasa sehari sama dengan puasa sepuluh hari. Untuk dalil yang menyatakan 1 kebaikan dibalas 10 kali, lihat QS. Al-An’aam ayat 160

Gini hitungannya = puasa Ramadhan 30 hari X 10 = 300 hari = 10 bulan, Ditambah dengan puasa 6 hari di bulan Syawal yang 1 hari dilipatgandakan 10 kali, maka 6 hari X 10 = 60 hari = 2 bulan.
Jadi, sesuai dengan Hadits di atas, pembahasan ini bahwa siapa yang menyambung puasa Ramadhan dengan 6 hari di bulan Syawal maka ia puasa setahun penuh. bila dinalar, maka Hadits di awal tadi memang benar, dan itulah salah satu mukjizat Rasulullah SAW.

Wallahu a’lam bish-shawab

Kita serahkan kembali semua perhitungan tadi hanya kepada Allah SWT. Karena hanya Dia-lah yang berhak menentukan segalanya. Apa pun ketentuan-Nya, semua ini tidak lain adalah karunia dari Allah SWT atas hamba-hamba-Nya yang beriman. Namun, kita sebagai umat Islam memang harus terus mengkaji agama yang mulia ini.
NB : Untuk para akhwat diwajibkan bayar utang dulu baru lanjut syawal (*_0) & Perlu diingat!! Puasa enam hari di bulan Syawal ini tidak wajib dilakukan secara langsung setelah ‘Idul Fitri. Begitu juga tidak wajib dilakukan secara berurutan jumlah enam hari itu. Namun, tuntutan puasa 6 hari di bulan Syawal dapat direalisasikan dengan cara apapun yang penting jumlahnya 6 hari & dilakukan selama bulan Syawal.

Iklan

Komentar ditutup.