Sifat mudah tersinggung By: Dewi Yana .

Sabar tingkat tinggi

Sabar dan kuat

 

Sahabat2ku, seperti kita ketahui, bahwa setiap orang memiliki karakter dan sifat masing2. Ini adalah salah satu hal yang membuat hidup kita menjadi begitu berwarna. Salah satu karakter orang yang sulit dihadapi dan terkadang membuat kita serba salah adalah orang dengan “sifat mudah tersinggung” Ya, namanya saja mudah tersinggung, tentu kita harus berhati2 setiap berinteraksi dengan orang bersifat mudah tersinggung.

Bagaimana dengan sahabat2, adakah dari sahabat2 yang termasuk orang yang mudah tersinggung? Kalau iya, pasti melelahkan dan tidak enak kan… menjalani hidup seperti itu. Dan ada resiko kita akan dihindari dandijauhi teman2 kita. Aa Gym : “Orang yang mudah tersinggung akan habis waktu produktifnya hanya untuk meladeni perasaannya sendiri.” (Aa Gym)

SAHABAT2KU, BERIKUT BEBERAPA CARA YANG INSYA ALLAH BISA MEMBANTU MENGATASI, AGAR KITA TIDAK JADI ORANG YANG MUDAH TERSINGGUNG :

1. Insya Allah dengan berusaha untuk selalu mengingat , bahwa kata2 dan perlakuan orang lain tidak akan melukai kita, jika kita tidak memberinya izin. ”Orang lain tidak dapat melukai hati kita, tanpa persetujuan kita” (Eleanor Roosevelt)

2. Opini adalah komoditas paling murah didunia, sehingga banyak orang yang dengan begitu mudahnya berkomentar tentang keberadaan kita. Tentang yang kita lakukan, namun menyikapinya adalah mutlak hak kita. oleh karena itu, kita lah yang menentukan sikap diri kita untuk menghadapinya secara emosi dan membiarkannya menyakiti kita, atau menyikapinya dengan cara yang cantik. JUST REMEMBER, THE WAY YOU MANAGE YOUR EMOTION IS THE WAY YOU MANAGE THE QUALITY OF YOUR LIFE.

3. Biasanya orang yang mudah tersinggung karena menilai dirinya lebih dari kenyataan, merasa pintar, merasa berjasa, merasa sholeh, merasa tampan merasa cantik, merasa sukses, setiap kali kita terus menilai diri kita lebih dari kenyataan atau lebih baik dari orang lain, bila ada yang menilai kurang sedikit saja, maka kita akn sangat mudah tersinggung. Jadi sesuatu yang harus kita perbaiki yaitu, kita harus proporsional menilai diri, kita biasanya membuka peluang tersinggung karena kita salah dalam menilai diri kita.

4. Kita harus melihat bahwa apa pun yang dilakukan orang kepada kita akan bermanfaat jika kita dapat menyikapinya dengan tepat. Kita tidak akan pernah rugi dengan perilaku orang kepada kita, jika bisa menyikapinya dengan tepat. Kita akan merugi apabila salah menyikapi kejadian dan sebenarnya kita tidak bisa memaksa orang lain berbuat sesuai dengan keinginan kita. Yang bisa kita lakukan adalah memaksa diri sendiri menyikapi orang lain dengan sikap terbaik kita. Apa pun perkataan orang lain kepada kita, tentu itu terjadi dengan izin Allah. Anggap saja ini episode atau ujian yang harus kita alami untuk menguji keimanan dan kesabaran kita.

5. Kita harus latihan agar tidak mudah tersinggung, karena ketika tersinggung, bisa saja kita terbawa emosi dan bisa menyebabkan tabungan amal kita habis karena kita marah. Biasanya dalam keadaan emosi dan marah kita sulit mengontrol kata2 kita, hingga kata2 menyakitkan bisa saja keluar dri mulut kita dan melukai perasan orang lain, sayangkan.. jika tabungan pahala yang kita kumpulkan terkuras hanya karena berawal dari kita tidak tahan menghadapi singgungan.

6. Kalau ada orang yang mengejek, merendahkan dan menghina kita dan membuat kita tersinggung, jadikan penghinaan orang lain kepada kita sebagai ladang peningkatan kualitas diri dan ingat bahwa itu semua adalah kesempatan kita mendapatkan amal dan bisa jadi penggugur dosa2 kita, dan jika kita mampu memaafkan orang yang menyakiti dan membalasnya dengan kebaikan, maka ganjaran dari Allah SWT jauh lebih baik lagi untuk kita.
DAN BERIKUT INI, INSYA ALLAH ADA BEBERAPA CARA UNTUK MENYIKAPI SESEORANG YANG MUDAH TERSINGGUNG :

1. Kenali dia (orang yang mudah tersinggung) pastikan kita tahu hal2 yang tidak dia sukai. Dengan begitu kita bisa berusaha agar tidak melakukan/mengatakan hal2 yang bisa membuatnya marah/tersinggung.

2. Hindari untuk berdebat dengan orang yang mudah tersinggung, seperti yang kita ketahui bersama, saatkita berdebat, kita bisa saja mengatakan hal2 yang tidak semestinya kita katakan, karena saat berdebat biasanya kita akan mengatakan apa yang terlintas dalam pikiran kita dan sering tanpa memikirkan dampak setelahnya. Menghindari berdebat dengan orang yang mudah tersinggung, maka akan lebih mudah bagi kita untuk tidak memancing emosinya.

3. Saat orang tersebut merasa tersinggung dengan tingkah/ucapan kita, berusahalah untuk segera meminta maaf.
4. Jangan memaksanya untuk mengatakan hal yang tidak ingin dia katakan. Terkadang privasi adalah hal yang mudah membuat seseorang merasa tersinggung. Saat dia punya masalah, tanyakan saja apa mungkin kita bisa membantu. Tapi saat dia enggan untuk mengatakannya, janganlah kita paksakan.

5. Bersikaplah sabar dalam menghadapi orang yang memiliki sifat mudah tersinggung. Emosi tidak akan pernah menyelesaikan masalah, hal itu justru akan membuat suasana semakin memanas dan bisa mengancam merusak hubungan pertemanan/persahabatan kita dengannya.

Tulisan ini sebagai pengingat bagi diri sendiri,semoga bermanfat buat sahabat2 semua

Dewi Yana

Komentar ditutup.