Kenapa Wanita harus shalat di rumah?

 

Sholat wanita

 

shalat-berjamaah-perempuan

 

Kenapa Wanita harus shalat di rumah?

Assalamualaikum wr.wb.
Memang ada hadits yang menjelaskan bahwa wanita lebih baik sholat (fardlu) di rumah. Namun, di sisi lain banyak juga riwayat yang menganjurkan wanita untuk sholat di masjid. Nabi SAW bersabda: “Jangan kamu melarang para wanita (shalat) di masjid, namun rumah mereka sebenarnya lebih baik untuk mereka” (HR. Abu Daud dan Al-Hakim)

Sebenarnya, keutamaan kaum wanita untuk sholat di rumah disebabkan karena beberapa alasan:
1. Karena alasan keselamatan wanita pada saat itu, apalagi untuk sholat subuh dan isya.
2. Seringkali jika wanita sholat di masjid mengenakan pakaian yang dapat menimbulkan fitnah dan memakai wangi2an yang mengundang birahi kaum laki2.

Pada zaman sekarang, tampaknya point pertama sudah tidak berlaku lagi, apalagi di Indonesia yang relatif sangat aman. Untuk alasan kedua, nabi SAW bersabda: “Perempuan mana saja yang memakai wangi-wangian, kemudian dia pergi ke masjid, maka shalatnya tidak diterima sehingga dia mandi” (HR. Ibnu Majah).

Maksudnya memakai wangi2an yang dapat mengundang birahi. Bahkan, maaf, seringkali ketika sholat di masjid kaum wanita menggunakan minyak wangi seperti layaknya ingin menghadiri pesta pernikahan. Inilah yang dilarang.

Dan perlu ditegaskan bahwa yang dimaksud dengan wanita lebih baik shalat di rumah, hanya berlaku jika dilakukan tepat waktu. Berapa banyak wanita yang memilih untuk shalat di rumah tapi tidak shalat tepat waktu! Jika wanita kesulitan shalat tepat waktu di rumah, maka ia lebih baik shalat berjamaah di masjid demi menjaga shalat tepat waktu. Tegasnya, wanita yang memilih shalat berjamaah di masjid jauh lebih baik ketimbang wanita yang memilih shalat dirumah, tapi tidak tepat waktu.
Demikian, wallaahu a’lam…

hamba Allah

Iklan

Komentar ditutup.