FADHILAH SHALAWAT ATAS NABI SAW. BY :Okky Tien

Muhammad tangan 2

 

FADHILAH SHALAWAT ATAS NABI SAW.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Sahabat fillah yg smoga dirahmatiNya. Banyak faedah jika kita bershalawat kepada Nabi Salallahu’alaihi wassalam. Diantaranya yaitu :

Rasulallah Salallahu’alaihi wassalam bersabda :

1. “Bahwa seutama-utama manusia (orang yg terdekat) dengan aku pada hari kiamat adalah mereka yang lebih banyak bershalawat kepadaku”.
(H.R. An-Nasai dan Ibnu Hibban dari Ibnu Mas’ud ra.).

2. “Siapa yang bershalawat kepadaku satu kali, maka Allah berhalawat kepadanya sepuluh kali shalawat, dan Allah menghapus sepuluh kesalahan dan mengangkat sepuluh derajat kepadanya”. (H.R Ahmad dan Nasai dan Al-Hakim dari Anas ra.).

3. “Tiada dari seseorang yg mengucapkan salam kepadaku melainkan Allah menerima ruhku sehingga aku menjawab salam padanya”. (H.R Abu Dawud dari Abi Hurairah ra.).

4.“Siapa yang bershalawat kepadaku pada waktu pagi sepuluh kali dan pada waktu sore sepuluh, maka ia akan memperoleh syafa’atku pada hari kiamat”. (H.R. Thabrani dari Abi Darda’ra.).

5. “Barang siapa bershalawat kepadaku dalam sehari seratus kali, maka Allah mendatangkan baginya seratus hajat : yang 70 untuk akhiratnya dan yg 30 untuk dunianya”. (H.R. Ibnu Najar dari Jabir ra.).

6. “Siapa bershalawat kepadaku pada hari Jum’at dua ratus shalawat, maka diampuni baginya dosa dua ratus tahun”. (H.R Ad-Dailami dari Abi Dzar ra.).

7. “Siapa berziarah kekuburku maka baginya wajib menerima syafa’atku”. (H.R Ibnu “Adi dan Al-Baihaqy dari Ibnu Umarra.)

8. “Perbanyaklah membaca shalawat kepadaku pada setiap hari Jum’at , sebab shalawat ummatku dipintakan kepadaku setiap hari Jum’at. Maka siapa yang paling banyak shalawatnya kepadaku dari mereka, maka ia orang
yang terdekat dari mereka kepadaku akan tigngkatannya”. (H.R. Al-Baihaqy dari Abi Umamah ra.).

9.“Siapa bershalawat kepadaku dihari Jum’at seratus kali maka ia datang dihari kiamat dengan cahaya, andaikata dibagi antara makhluk semuanya maka cahaya itu akan memenuhinya”. (H.R. Nu’aim dalam Al-Hilyah dari Ali bin Husain dari ayahnya dari kakeknya ra.).

10. “Dimana saja kamu berada maka bershalawatlah kepadaku, sebab shalawatmu itu akan sampai kepadaku”. (H.R At-Thabrani dari Alhusain bin Ali ra.).

11. “Kehidupanku adalah lebih baik bagi kamu, kamu semua diceritakan dan ia diceriterakan kepadamu. Maka jika telah mati, maka kematianku itu lebih baik bagi kamu yang dipintakan kepadaku amal-amal kamu, jika saya melihat baik maka saya memuji kepada Allah, dan jika saya melihat jelek maka saya memohonkan ampun kepadamu”. (H.R. Ibnu Sa’ad dari Bakar bin Abdillah ra. Mursal).

12. “Siapa bershalawat kepadaku disisi kuburku maka saya mendengarnya, siapa bershalawat kepadaku dari jauh maka shalawat itu diserahkan oleh seorang malaikat yang menyampaikan kepadaku, dan ia dicukupi urusan keduniaan dan keakhiratannya, dan aku sebagai saksi dan pembela baginya”.
(H.R.Al-Baihaqy dan Al-Khatib dari Abi Hurairah ra.).

Wallahu’alaam.

“Ya Allah, limpahkanlah shalawat dan salam kepada Nabi kami Muhammad.

Semoga kita dapat mengamalkannya berharap mendapat safaat Rasulallah dan meraih ridhoNya. Aamiin ya Rabbala’alamiin.

Komentar ditutup.