Jalan-Jalan Keselamatan Oleh : Ustadz Ferry Nasution

jalan-lurus

 

Jalan-Jalan Keselamatan
Oleh : Ustadz Ferry Nasution

Saudara-saudaraku yang kami cintai karena ALLAH, berikut ini kita akan mengambil pelajaran yang sangat berharga dari sebuah hadits Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam yg menjelaskan kepada kita tentang jalan-jalan keselamatan dunia & akhirat kita.

Haditsnya:

Dari ‘Uqbah bin ‘Amir dia berkata:

Aku bertanya kepada Rasulullah, apakah yang menyebabkan keselamatan itu?

Beliau menjawab:

– Tahanlah lisanmu

– Tinggal di rumahmu

– Tangisilah kesalahanmu (dosamu)

Hadits Hasan Lighairihi diriwayatkan oleh imam tirmidzi no 2406

Penjelasan hadits diatas ialah:

Bahwa diantara sebab manusia ingin mendapatkan Keselamatan dunia dan akhirat:

1. Tahanlah Lisanmu = yaitu kita diperintah untuk menjaga & memelihara lisan ini dari mengucapkan sesuatu yang tercela / yang tidak baik apakah itu menceritakan aib saudaranya, mengadu domba, menyakiti saudaranya dan sebagainya, dan kita diperintah untuk menggunakan lisan kita untuk perkara-perkara yg diRidhoi ALLAH apakah untuk berdzikir, berkata yg baik, dll.

2. Tinggal dirumahmu = artinya tetaplah engkau tinggal di rumahmu dan sibukkanlah dirimu dengan mentaati, beribadah kepada ALLAH. Serta tinggalkanlah keinginan-keinginan / segala sesuatu yang tidak baik yang menyebabkan dirimu keluar rumah yang akhirnya menjerumuskan dirimu kepada perbuatan dosa dan ma’siyat, KECUALI engkau keluar rumah untuk mengerjakan perkara-perkara yang baik yang dibenarkan oleh syariat Rabbul ‘Aalamiin / yang tidak dilarang oleh agama.

3. Tangisilah kesalahan (dosamu) = yakni ingatlah kesalahan dan dosa-dosamu yang pernah engkau kerjakan pada masa lalu dan selalu engkau ingat adzab / siksa yang sangat pedih baik di dunia dan akhirat akibat perbuatan dosa & ma’siyat itu, yang demikian dapat membantumu untuk tetap berada di jalan ketaatan dan juga dapat menghalangimu untuk kembali melakukan perberbuatan dosa.

Semoga ALLAH memberikan kemudahan kepada kita semua untuk memahami hadits tersebut dengan baik, dan diberikan kemudahan untuk mengamalkan.

Komentar ditutup.