BELAJAR AMALAN HATI by @mashendz

Hati allah merah 1

Hati lailahaileloh

 

Niat Albama

 

BELAJAR AMALAN HATI .

“Sesungguhnya di dalam tubuh ada segumpal daging yang jika baik, akan baiklah seluruh tubuh dan sebaliknya jika rusak, akan rusaklah seluruh tubuh. Ketahuilah sepotong daging itu adalah hati.” ( Muttafaq ‘Alaihi )

Hati adalah tempat berteduhnya iman & takwa ataupun kekufuran, nifak, dan kesyirikan.

Nabi bersabda : “Takwa berada di sini ( beliau mengarahkan kedadanya sebanyak tiga kali ) ( HR. Muslim )

1. Yang dimaksud dengan amalan hati adalah segala amalan yang tempatnya di dalam hati & terkait dengannya. Yang paling agung adalah IMAN kepada Allah.

2. NIAT >> satu makna dengan keinginan & maksud. Tidak sah dan tidak diterima suatu amalan tanpa disertai niat.

2a. Nabi bersabda: “Sesungguhnya tiap2 amalan itu tergantung pada niatnya dan seseorang hanya akan mendapatkan apa yang diniatkan.”

2b. Bisa jadi amalan kecil menjadi besar dengan sebab niat, & sebaliknya bisa jadi amalan besar menjadi kecil dengan sebab niat.

2c. Berkata al-Fudhail : Allah hanya menginginkan darimu niat dan keinginanmu.Jika suatu amalan dilakukan karena Allah, maka…

2d. namanya IKHLAS, artinya amalan tsb tidak ada bagian untuk selain Allah. Tapi jika amalan tsb untuk selain Allah maka dinamakan riya’.

3. TAUBAT >> “Setiap anak Adam adalah bersalah & sebaik-baik yang bersalah adalah yang suka bertaubat.” ( HR. Tirmidzi )

3a. “Seandainya kalian tidak berbuat dosa, tentulah Allah akan mengganti kalian dengan satu kaum yang berbuat dosa lalu mereka …

3b. ..mememohon ampun, kemudian Allah mengampuni dosa mereka.” ( HR. Muslim )

3c. Mengakhirkan taubat dan terus menerus berada dalam dosa adalah keliru. Taubat wajib selalu untuk dilakukan.

3d. Syarat diterima taubat >> berhenti dari perbuatan dosa tersebut , menyesali perbuatan dosa yang telah dilakukan, bertekad…

3e. ..untuk tidak mengulangi dosa itu di masa mendatang. Taubat tetep terbuka hingga saat ruh sampai di tenggorokan ketika sakaratul maut

4. ASH-SHIDIQ >> pokok dari seluruh amalan hati, yang lafadznya memiliki enam makna, yaitu : 1) benar dalam ucapan, 2) benar dalam

4a. ..keinginan & maksud ( ikhlas ), 3) benar dalam tekad, 4) benar dalam janji, 5) benar dalam amalan sehingga lahiriyahnya sesuai..

4b. ..dengan bathinnya, seperti khusu’ dalam sholat, 6) benar dalam seluruh perkara agama. Inilah derajat tertinggi & termulia.

4c. “Hendaklah kalian bersikap benar/jujur, karena kebenaran itu akan mengantarkan pada kebaikan dan kebaikan itu akan menyampaikan..

4d. ..ke surga. Seseorang itu selalu berlaku benar dan berusaha mencarinya hingga ia ditulis disisi Allah sebagai…

4e. ..orang yang suka berlaku benar.” ( Mutafaq ‘Alaih ) >> Siapa yang memiliki sifat benar dalam semua perkara diatas >> “Siddiq”

5. AL-MAHABBAH >> Dengan cinta pada Allah, rasul-Nya & orang2 yang beriman, kelezatan iman akan didapatkan.

5a. “Ada tiga perkara, siapa yang terkumpul pada dirinya maka ia akan merasakan kelezatan iman. yaitu bila Allah dan Rasul-Nya..

5b. ..lebih ia cintai dari selain keduanya, agar seseorang tidak dicintai kecuali karena Allah dan agar ia benci untuk kembali..

Iklan

Komentar ditutup.