Anak Realistis & Kritis, Tantangan Orang Tua Masa Kini by: @Semesta_Kicau

009G051Z4Ca

378900 2463013947442 1615020626 2202910 646499332 n

 

Anak Realistis & Kritis, Tantangan Orang Tua Masa Kini

Ada perbedaan signifikan antara anak zaman dulu dengan anak zaman sekarang. Ini tantangan bagi orang tua agar terus belajar hingga mampu mengimbangi anak2nya yang realistis & kritis.

anak zaman sekarang ini beda pola pikirnya dengan anak zaman saya dulu. anak sekarang ini lebih kritis. ini tantangan besar buat orangtua.

dulu, bila anak tak mau makan, dibujuk dengan bilang: ‘nanti ayamnya mati lho..’, selesai. sekarang, mereka pasti bilang: ‘ya udah beli lagi..’.

dulu, anak-anak takut bangun siang. takut rezeki dipatok ayam. sekarang, mereka bilang: ‘berani patok rezekiku, aku jadiin ayam panggang!’

anak-anak sekarang lebih realistis dalam berpikir. maka sebagai orangtua, saat memberikan penjelasan juga harus logis.

ini juga menyangkut pertanyaan-pertanyaan seputar aqidah. jangan kaget saat anak bertanya mengenai eksistensi tuhan. mereka sangat kritis.

bila orangtua gagal menjelaskan, atau menjelaskan dengan asal-asalan, terutama untuk masalah aqidah, bisa-bisa anak jatuh pada atheism.

tentu kita tidak ingin hal sedemikian terjadi pada anak kita bukan? ingat, bekal kita mati kelak cuma 3 hal, salah satunya adalah anak shalih.

kata mutiara barat yang berbunyi: ‘long life education’ tak hanya berlaku bagi anak, tapi juga orangtua. kita harus terus belajar. mengapa?

agar kita siap menghadapi pertanyaan-pertanyaan anak yang tiap hari semakin kritis. jangan sampai anak mencari jawaban ditempat yang salah.

share malam ini tidak hanya untuk yang sudah punya anak, tapi juga sebagai pengingat bagi sahabatku yang belum dan akan menikah.

semoga bermanfaat.

Komentar ditutup.