MANFA’AT DAN KEUTAMAAN SHALAT TAHAJUD

Tahajud Purnama

 

MANFA’AT DAN KEUTAMAAN SHALAT TAHAJUD

Shalat Tahajud adalah shalat sunnah yang dikerjakan pada malam hari sesudah mengerjakan shalat Isya sampai terbitnya fajar dan sesudah bangun dari tidur, meskipun itu hanya sebentar.

Salat tahajjud termasuk shalat sunnat mu’akad (salat yang sangat dianjurkan) dikerjakan sedikitnya dua rakaat dan sebanyak-banyaknya tidak terbatas. Dikerjakan setiap dua rakaat.

Dapat dilakukan kapanpun pada malam hari namun waktu yang paling utama untuk melakukannya adalah pada sepertiga akhir malam.

Shalat Tahajud adalah shalat yang diwajibkan kepada Nabi SAW sebelum turun perintah shalat wajib lima waktu.

“Dan pada sebagian malam hari bersalat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu. Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ketempat yang terpuji“ (QS. 17 Al-Isra :79 )

Shalat khususnya tahajjud ternyata tidak hanya membuat pelakunya mendapatkan tempat istimewa di hadapan Sang Pencipta Alam ini, melainkan juga melainkan juga meningkatkan kekebalan tubuh dan mengusir penyakit.

Semua apa yang telah dijelaskan didalam al quran untuk kita jalankan dalam kehidupan sehari – hari yang mana pada saat ini kita anggap sebagai tanggung jawab, atau kewajiban , memiliki pengaruh positif terutama buat hidup kita sendiri.

Kepatuhan-kepatuhan kita terhadap ritual keagamaan seperti shalat serta bentuk ritual lainnya memiliki pengaruh bagi meningkatnya sistem kekebalan tubuh kita.

Serta gangguan dari penyakit baik yang menyerang diri kita secara langsung maupun tidak langsung. terdapat seribu satu hikmah didalam setiap apa yang telah disyariatkan untuk dilaksanakan.
Diantara manfaat dan atau keistimewaan shalat tahajud adalah Salat tahajjud merupakan kehormatan bagi seorang muslim, sebab :

Mendatangkan kesehatan,

Menghapus dosa-dosa yang dilakukan siang hari,

Menghindarkannya dari kesepian dialam kubur,

Mengharumkan bau tubuh,

Menjaminkan baginya kebutuhan hidup,

Dan juga menjadi hiasan surga,

Selain itu, salat tahajjud dapat memberikan manfaat, yaitu keselamatan dan kesenangan di dunia dan akhirat,

Manfaat dari shalat tahajjud yang lainnya adalah wajah orang yang sering melakukan shalat tahajjud akan memancarkan cahaya keimanan, akan dipelihara oleh Allah dari segala macam marabahaya, setiap perkataannya mengandung arti dan dituruti oleh orang lain.

Akan mendapatkan perhatian dan kecintaan dari orang-orang yang mengenalinya, dimudahkan hisabnya, berjalan diatas shirat bagaikan kilat.

Allah Subhanahu Wata’ala Berfirman :

“Dan pada sebagian malam hari bersalat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu. mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ketempat yang terpuji” (Q.S. Al Israa’ : 79 )

Ada kata kunci yang menarik untuk dicermati dalam Firman Allah Subhanahu wata’ala yang berupa perintah di atas, yang mana kata itu memiliki hubungan sebab akibat yang sangat jelas yakni bersembahyang tahajjud dan tempat terpuji.

Tempat yang terpuji adalah akibat atau konsekuensi dari sebuah sebab yaitu sembahyang tahajjud.

Oleh karena itu bagi mereka yang mendambakan tempat yang terpuji, tempat yang mulia baik di sisi Allaah ataupun di mata manusia maka satu kunci rahasianya.

Ketika menerangkan salat tahajjud, Nabi Muhammad SAW bersabda,

Salat tahajjud adalah sarana (meraih) keridhaan Tuhan,
Kecintaan para malaikat,
Sunah para nabi,
Cahaya pengetahuan,
Pokok keimanan,
Istirahat untuk tubuh,
Kebencian para setan,
Senjata untuk (melawan) musuh,
(sarana) terkabulnya doa,
(sarana) diterimanya amal,
Keberkatan bagi rezeki,
Pemberi syafaat di antara yang melaksanakannya dan di antara malaikat maut,
Cahaya di kuburan (pelaksananya),
Ranjang dari bawah sisi (pelaksananya),
Menjadi jawaban bagi Munkar dan Nakir,
Teman dan penjenguk di kubur (pelaksananya) hingga hari kiamat,
Ketika di hari kiamat salat tahajud itu akan menjadi pelindung di atas (pelaksananya),
Mahkota di kepalanya,
Busana bagi tubuhnya,
Cahaya yang menyebar didepannya,
Penghalang di antaranya dan neraka,
Hujah (dalil) bagi mukmin dihadapan Allah SWT,
Pemberat bagi timbangan,
Izin untuk melewati Shirath al-Mustaqim,
Kunci surga…

Hadits terkait salat tahajjud:

“Perintah Allah turun ke langit dunia di waktu tinggal sepertiga akhir dari waktu malam, lalu berseru: Adakah orang-orang yang memohon (berdo’a), pasti akan Kukabul kan, adakah orang-orang yang meminta, pasti akan Kuberi dan adakah yang mengharap/ memohon ampunan, pasti akan Kuampuni baginya. Sampai tiba waktu Shubuh.“ (Al Hadits)

|Mari Bersembahyang Tahajjud

SEMOGA BERMANFA’AT – ALHAMDULILLAH

Komentar ditutup.